Mari Belajar Pecahan dengan Menggunakan Balok Pecahan

lago-pizza

Pizza nya terlihat begitu enak sekali. Potongan-potongan pizza ini merupakan salah satu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep pecahan.

Pecahan merupakan salah satu materi matematika yang diajarkan mulai dari Sekolah Dasar. Pada tahapan berfikir siswa di Sekolah Dasar, siswa hendaknya dihadapkan kepada benda-benda konkrit dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan pendapat yang diberikan oleh Piaget yaitu taraf berpikir anak seusia SD adalah masih konkret operasional, artinya untuk memahami suatu konsep anak masih harus diberikan kegiatan yang berhubungan dengan benda nyata atau kejadian nyata yang dapat diterima akal mereka. Berdasarkan pendapat ahli ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengenai pecahan hendaknya menggunakan alat peraga. Penulis memberikan salah satu contoh alat peraga dalam pembelajaran pecahan yaitu Balok Pecahan.

Balok pecahan merupakan alat peraga yang berbentuk potongan-potongan balok atau lingkaran yang dibagi menjadi beberapa bagian. Ukuran dari balok pecahan dimulai dari 1, 1/2, 1/3,1/4,1/5  dan seterusnya. Berikut contoh balok pecahan

anigif    anigif2

Untuk selengkapnya silahkan klik disini

Categories: Article | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: