Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran

(Tugas Power Point Mata Kuliah ICT)

Salah satu cabang dalam matematika adalah geomteri. Materi geometri dipelajari mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai ke Perguruan. Menurut Van Hiele dalam pembelajaran geometri terdapat lima tingkatan hierarkis (dalam  yearbook NCTM). Kelima tingkatan tersebut adalah: tingkat 0 (visualization), tingkat 1 (analysis), tingkat 2 (abstraction), tingkat 3 (deduction), dan tingkat 4 (rigor).  Tingkat visualisasi sering disebut dengan tingkat pengenalan. Siswa mengenal konsep-konsep dasar geometri yaitu bangun-bangun sederhana seperti persegi, segitiga, persegi panjang, jajar genjang dan lain – lain. Pada tingkat analisis siswa sudah memahami konsep atau bangun geometri berdasarkan analisis informal tentang bagian dan komponennya. Pada tingkat deduksi, berpikir deduktif siswa sudah mulai berkembang, tetapi belum berkembang dengan baik.Pada tingkat rigor, siswa sudah dapat bekerja pada system aksioma-aksioma.

Berdasarkan tingkatan tersebut dapat dipahami bahwa guru harus membimbing siswa secara bertahap dalam pembelajaran geometri. Dalam pembelajaran siswa diberikan kesempatan untuk melakukan pengamatan, pengukuran, eksperimen, menggambar dan membuat model. Pada kenyataannya di lapangan, guru sering mengabaikan langkah-langkah dalam pembelajaran geometri. Salah satu contohnya pada garis singgung persekutuan dua lingkaran.

Materi garis singgung persekutuan dua lingkaran dipelajari di kelas VIII semester II. Materi ini terdapat pada standar kompetensi menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya dan kompetensi dasar menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran. Banyak diantara guru-guru yang mengabaikan langkah-langkah dalam melukis garis singgung persekutuan dua lingkaran. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Puji (2002) dalam artikelnya “Fenomena Hilangnya Tahap Melukis Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Pada Geometri SMP”. Praktik mengajarkan menghitung garis singgung persekutuan dua lingkaran yang dilakukan oleh beberapa guru tanpa melalui tahapan melukis garis singgung persekutuan dua lingkaran. Hal ini mengakibatkan siswa hanya tahu bagaimana bentuk garis singgung persekutuan tersebut tanpa memahami bagaimana cara melukisnya. Oleh karena itu, saya membantu guru-guru dengan membuat power point mengenai garis singgung persekutuan dua lingkaran. Power point ini terdiri dari langkah melukis, panjang garis singgung dan contoh soal garis singgung persekutuan dalam dan luar dua lingkaran.


DAFTAR PUSTAKA

Crowley, Mary L. 1987. The Van Hiele Model of the Development of Geometric Thought” Learning and Teaching Geometry, K-12, Yearbook of the National Council of Teacher of Mathematic. Hal 1-6.

Puji Iryanti. 2012. http://p4tkmatematika.org/2012/08/fenomena-hilangnya-tahap-melukis-garis-singgung-persekutuan-dua-lingkaran-pada-geometri-smp/. Diakses pada 13 November 2012.

Download Power Point Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran

Categories: ICT in Mathematics Education | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: