KURIKULUM 2013

Sistem pendidikan di Indonesia akan mengalami perubahan kembali dalam kurikulum. Kurikulum baru tersebut dipersiapkan untuk tahun 2013. Staf ahli Mendikbud Prof Kacung Marijan MA menegaskan bahwa kementerian akan melakukan perubahan kurikulum pendidikan nasional untuk menyeimbangkan aspek akademik dan karakter. Perubahan yang akan dilakukan dikontrol langsung oleh bapak wakil presiden Boediono.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memfokuskan untuk empat mata pelajaran terlebih dulu. Empat pelajaran yang kurikulumnya akan direvisi adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Keempat mata pelajaran tersebut dipilih karena dianggap bisa mempengaruhi rasa nasionalisme dan meningkatkan karakter generasi muda.

Perubahan-perubahan yang dilakukan diharapkan mendapatkan respon yang baik bagi seluruh komponen pendidikan di Indonesia. Terutama bagi komponen yang berinteraksi langsung dengan peserta didik. Sesuai dengan tujuan pendidikan yang terdapat pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Peserta didik diharpkan dapat menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

Download pengembangan kurikulum 2013

 

Categories: Article | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: